Anitya Wahdini

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Rekomendasi Film: Mengenal Sang Haus Darah dari Uganda

Rekomendasi Film: Mengenal Sang Haus Darah dari Uganda

Judul Film: The Last King of Scotland

Sutradara: Kevin MacDonald

Penulis: Jeremy Brock, Peter Morgan

Produser: Charles Steel, Lisa Bryer, Andrea Calderwood

Pemain: Forest Whitaker, James McAvoy, Kerry Washington, Gillian Anderson, Simon Mcburney

Produksi: Fox Searchliht Pictures

Tahun: 2006

Dear Bapak dan Ibu Gurusianers,

Izinkan saya mulai saat ini secara berkala memberikan rekomendasi film kepada Bapak dan Ibu sekalian yang bisa menjadi alternatif bahan belajar sekaligus bahan ajar dalam menyampaikan materi pelajaran kita. Tujuannya semata agar kita memperkaya wawasan dan memberikan materi yang tidak monoton kepada anak didik. Hal ini juga menyalurkan kecintaan saya pada dunia film. Selamat membaca!

Film pertama saya mulai dari tahun 2006, yakni The Last King of Scotland. Film ini merupakan drama yang diangkat dari sejarah kelam masyarakat Uganda di era pemerintahan Idi Amin. Bagi saya, film ini dapat memperkenalkan anak didik kepada tokoh Idi Amin dan bagaimana ia memimpin Uganda secara diktator. Salah satu permasalahan yang mungkin kita temui dewasa ini adalah betapa minimnya pengetahuan anak didik mengenai tokoh-tokoh dunia dan apa yang telah mereka lakukan - baik atau buruk - dalam sejarah dunia. Percaya atau tidak, salah seorang anak didik saya pernah menyangka bahwa Nelson Mandela adalah seorang pesepakbola! Satu lagi bahkan menyangka tokoh Apartheid ini sebagai pebalap. Ya, Tuhan!

The Last King of Scotland bertutur mengenai dr Nicholas Garrigan, seorang dokter muda, yang tiba di Uganda di era 1970an. Garrigan merasa tak ada prospek di negara asalnya, Skotlandia, dan memutuskan untuk berkelana ke belahan dunia lain. Uganda kala itu tengah bergejolak dengan dikudetanya presiden yang sah dan tokoh bernama Idi Amin mengangkat dirinya sendiri sebagai orang nomor satu di negara itu.

Singkat cerita, Garrigan kemudian menjadi dokter pribadi sekaligus orang kepercayaan bagi Idi Amin. Awalnya, semua ini tentu menyenangkan dan membanggakan bagi sang dokter. Ia cepat akrab dengan sang diktator dan merasa Idi Amin adalah orang yang tepat untuk menyelamatkan Uganda dari keterpurukan. Namun tak lama setelahnya, Garrigan menyadari bahwa ia tidak akan bisa lepas dari jerat sang penguasa selamanya.

Faktanya, Idi Amin adalah seorang diktator haus darah. Ia gemar membantai musuh-musuhnya tanpa ampun. Ia tega mencabik-cabik manusia dan mengumpankannya pada buaya. Ia juga senang memenggal kepala musuh-musuhnya, menyimpannya di lemari pendingin, lalu berbicara dengan kepala-kepala tanpa daya itu sesekali. Ia bahkan kerap kejam terhadap keluarga, termasuk istri-istrinya sendiri.

Dalam situasi seperti itulah, Garrigan mencoba sekuat tenaga untuk lepas dari Idi Amin. Akan tetapi tentu saja semua itu tak mudah. Alur cerita film ini begitu menegangkan, sehingga penonton dibuat begitu tegang memikirkan nasib Garrigan selanjutnya. Bagi saya, ini adalah salah satu film bertema pemerintahan yang jauh dari kata membosankan.

Selain itu, akting Forest Whitaker sebagai Idi Amin dan James McAvoy sebagai Nicholas Garrigan patut diacungi jempol. Kolaboras keduanya begitu apik sehingga mampu menjadi ruh dalam film. Whitaker kemudian bahkan didaulat sebagai aktor terbaik di empat ajang bergengsi sekaligus: Academy Awards, Golden Globe, Screen Actors Guild Awards, dan BAFTA di tahun 2007.

Jadi, sudah siap mengenal tokoh dunia lewat film dan memberikan alternatif pembelajaran yang sesekali berbeda dari biasanya? Selamat menonton!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

boleh juga nih jadi referensi tontonan

13 Feb
Balas

Makasih. Selamat menonton :)

19 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali